Mau Bikin NPWP Online di Tangerang? Ini Caranya!

Gimana sih cara bikin NPWP online di Tangerang? Simak ulasan berikut ini karena di artikel ini akan diberikan step by step bagaimana cara membuat NPWP secara online untuk Anda yang sedang di Tangerang.

Apa itu NPWP dan Apa Fungsinya?

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah sebuah identifikasi pajak yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak di Indonesia. NPWP adalah kombinasi angka unik yang diberikan kepada setiap warga negara Indonesia, perusahaan, atau entitas hukum yang memiliki kewajiban pajak. Fungsinya adalah untuk memungkinkan pemerintah Indonesia untuk melacak dan mengidentifikasi wajib pajak serta mempermudah proses pengumpulan pajak. NPWP digunakan sebagai dasar untuk menghitung dan melaporkan pajak penghasilan individu maupun perusahaan, sehingga berperan penting dalam administrasi pajak negara.

Salah satu fungsi utama NPWP adalah sebagai syarat wajib untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dan bisnis di Indonesia. Misalnya, untuk membuka rekening bank, melakukan transaksi properti, menerima pembayaran dari pemerintah, atau mengikuti lelang publik, Anda harus memiliki NPWP. Selain itu, NPWP juga digunakan untuk mendaftar sebagai pemungut pajak (PKP) jika Anda memiliki usaha dan harus mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) atau pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Dengan memiliki NPWP, Anda dapat memenuhi kewajiban perpajakan Anda dengan lebih efisien dan memastikan bahwa Anda tidak melanggar hukum perpajakan di Indonesia. Oleh karena itu, memiliki NPWP merupakan bagian penting dalam berpartisipasi dalam kehidupan ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Supaya lebih rinci berikut adalah beberapa fungsi dari NPWP :

  • Identifikasi Pajak: NPWP digunakan sebagai alat identifikasi yang unik untuk setiap wajib pajak, termasuk individu, perusahaan, atau entitas hukum. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk melacak dan mengidentifikasi wajib pajak dengan lebih baik.
  • Penghitungan Pajak: NPWP digunakan sebagai dasar untuk menghitung pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak. Ini mencakup pajak penghasilan individu, pajak badan, serta pajak-pajak lainnya yang berlaku sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan.
  • Pelaporan Pajak: NPWP digunakan dalam proses pelaporan pajak. Wajib pajak harus mencantumkan NPWP mereka dalam semua dokumen pelaporan pajak, seperti SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan, SPT Masa, dan dokumen pajak lainnya yang diajukan kepada Direktorat Jenderal Pajak.
  • Transaksi Keuangan: NPWP diperlukan dalam berbagai transaksi keuangan, seperti membuka rekening bank, mengajukan pinjaman, atau melakukan investasi. Ini membantu lembaga keuangan dan otoritas untuk memantau dan mengawasi transaksi keuangan wajib pajak.
  • Pendaftaran sebagai PKP: Jika Anda memiliki usaha dan perlu mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), NPWP diperlukan untuk mendaftar sebagai Pemungut Pajak (PKP) dan memenuhi kewajiban perpajakan yang berlaku.
  • Kegiatan Bisnis: NPWP juga diperlukan dalam berbagai kegiatan bisnis, seperti mengikuti lelang publik, mengajukan penawaran proyek pemerintah, atau melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah.
  • Menerima Pembayaran dari Pemerintah: Untuk menerima pembayaran atau kontrak dari pemerintah atau entitas yang berhubungan dengan pemerintah, NPWP biasanya diperlukan sebagai salah satu persyaratan.
  • Verifikasi Identitas: NPWP juga dapat digunakan sebagai alat verifikasi identitas wajib pajak dalam berbagai konteks, termasuk ketika berhubungan dengan otoritas perpajakan atau pihak lain yang memerlukan verifikasi identitas

jasa pembuatan npwp indramayu, jasa pembuatan npwp cirebon, bikin npwp online di tangerang

Bagaimana Cara Bikin NPWP Online di Tangerang?

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk membuat NPWP di Tangerang. Yaitu secara offline maupun online.

Membuat NPWP Secara Offline

cara bikin npwp online di tangerang

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Kunjungi kantor Direktorat Jenderal Pajak terdekat. Di sana, Anda dapat meminta formulir pendaftaran NPWP atau meminta petunjuk kepada petugas pajak. Di Tangerang sendiri terdapat kantor pajak terdekat yaitu KPP Tangerang Timur yang beralamat di Komplek Perkantoran, Jl. Satria – Sudirman, RT.002/RW.001, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15111 dan KPP Tangerang Barat berada di Jl. Imam Bonjol No.47, RT.002/RW.004, Sukajadi, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15113
  • Isi formulir pendaftaran NPWP dengan lengkap dan benar, termasuk informasi pribadi dan kontak Anda.
  • Setelah mengisi formulir, serahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas resmi lainnya, serta dokumen pendukung lainnya yang diminta.
  • Petugas pajak akan memeriksa dokumen Anda dan memproses permohonan NPWP Anda. Jika semua persyaratan terpenuhi, mereka akan memberikan Anda Nomor Pokok Wajib Pajak secara resmi.

Membuat NPWP Online di Tangerang

cara cek npwp online

Kalau Anda tidak ingin ke kantor pajak maka bisa melakukannya secara online dengan cara :

  • Kunjungi Situs Web Resmi DJP: Buka peramban web (browser) Anda dan akses situs web resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Indonesia untuk daftar NPWP https://ereg.pajak.go.id/
  • Daftar dan Buat Akun: Jika Anda belum memiliki akun, pilih opsi “Daftar” atau “Registrasi” untuk membuat akun baru. Anda akan diminta mengisi informasi pribadi seperti nama, alamat email, dan nomor handphone. Pastikan untuk mengisi informasi ini dengan benar, karena Anda akan menerima kode verifikasi melalui email atau SMS.
  • Verifikasi Akun: Setelah membuat akun, Anda akan menerima kode verifikasi melalui email atau SMS. Masukkan kode verifikasi ini untuk mengaktifkan akun Anda.
  • Masuk ke Akun: Setelah akun Anda aktif, masuk ke akun Anda dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang telah Anda buat.
  • Pilih “Pendaftaran NPWP”: Setelah masuk, cari opsi “Pendaftaran NPWP” atau serupa. Klik opsi tersebut untuk memulai proses pendaftaran NPWP secara online.
  • Isi Formulir Pendaftaran: Isilah formulir pendaftaran NPWP dengan lengkap dan benar. Formulir ini akan meminta informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor identitas (seperti KTP), pekerjaan, dan informasi pajak yang relevan. Pastikan untuk mengisi semua kolom yang diperlukan.
  • Unggah Dokumen Pendukung: Selama proses pendaftaran, Anda mungkin diminta mengunggah dokumen pendukung, seperti foto atau salinan KTP. Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen ini sebelumnya dan unggah sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Verifikasi Data: Setelah mengisi formulir dan mengunggah dokumen, periksa kembali semua data yang Anda masukkan untuk memastikan keakuratannya.
  • Kirim Permohonan: Setelah yakin bahwa semua informasi dan dokumen sudah benar, kirim permohonan Anda melalui sistem online.
  • Tunggu Konfirmasi: Setelah mengirimkan permohonan, Anda akan menerima konfirmasi melalui email atau SMS yang berisi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda jika permohonan Anda diterima.

Jasa Pembuatan NPWP Terpercaya di Tangerang

Cukup mudah bukan caranya? Namun jika Anda tidak ada waktu untuk mengurusnya sendiri, lebih baik serahkan saja ke biro Jasa Buat NPWP dari jasanpwp.com yang terbukti kredibel, pengerjaan cepat cuma 1 jam, dan harga terjangkau.

Penutup

Itulah cara bikin NPWP online di Tangerang. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Leave a Comment